Jumat, 18 Maret 2011

PUISI CINTA

DALAM GELAP MATAKU TERASA MATI
SEAKAN-AKAN NAFASKU MENGHILANG
JIWA TAK BERDAYA MENGHADAPI GELAPNYA HIDUP
HARAPAN TAK KUNJUNG TIBA
MENUSUK SUKMA KALBUKU
TERASA HIDUP BAGAIKAN BUNGA YANG LAYU
HIDUP SEGAN MATI TAK MAU
TERUS BERTAHAN WALAUPUN TAK ENAK
COBA TERSENYUM MESKIPUN BERAT
HATI INI SEAKAN MATI RASA
KEMANA AKU HARUS PERGI?????
KEMANA AKU HARUS BERLARI???
KEMANA AKU HENDAK MENCARI JIWA Q LAGI???
DALAM PENANTIAN AKU BERSEMBUNYI
TERUS MELAWAN OMABK YANG MENERPA
SAMPAI KU TAK TAHU KAPAN BERAKHIRNYA BADAI INI
HINGGA SUATU SAAT NANTI
HINGGA AKU MATI
AKU MENUNGGU SANG DEWI
SANG PUJANGGA MENUNGGU CINTA
DEWI SAMA BIDADARI TURUN DARI LANGIT
MEMBAWA KESEJUKAN
HINGGA KURASAKAN DAMAI DALAM HATI
YANG TAK BISA DIAMBIL ORANG
ABADI TUK SELAMANYA,,,,,,,,,
SELAMANYA MILIKKU,,,,,,








BY VJHO

rpp penjas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA NEGRI 9 PONTIANAK
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : XI / 1
Standar Kompetensi :

• Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi Dasar : Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang
baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Indikator Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan
Mampu melakukan gerakan tubuh
Mampu melakukan aktivitas pembentukan postur dan kondisi tubuh


Alokaasi Waktu : 4 x 40 Menit (2 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
• Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

B. Meteri pembelajaran
Uji diri/sepak bola
• Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

C. Metode pembelajaran
 Mengkondusifkan suasana
 Menghubungkan dengan materi sebelumnya
 Memberikan gambaran besar
 Memaparkan tujuan
 Memasukkan informasi
 Aktivasi
 Demontrasi
 Ulangi dan jangkarkan
 Evaluasi




D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan I
Materi :
• Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi


a) Pendahuluan (10 menit)
Siswa melakukan pemanasan berupa:
1. Streching dengan hitungan 1 X 10
 Siswa menundukkan kepala dengan kedua tangan menekan kepala ke bagian bawah
 Menegakkan kepala dengan dorongan kedua tangan ke bagian atas
 Kepala menoleh ke samping kiri dan kanan dan telapak tangan kanan menekan dagu ke bagian kanan dan kiri
 Berdiri tegak, kaki lurus sejajar bahu, lenga kiri lurus kedepan, telapak tangan terbuka menghadap kedepan, tangan kanan memegang ruas jari telapak tangan kiri dan menarik keempat jari tangan kiri ke belakang dan sebagainya.
 Berdiri tegak, kaki kangkang, badan dibomgkokkan dengan togog tetap lurus, tangan dijulurkan lurus ke depan dengan jari tangan saling mengait.
 Badan membongkok, kaki kangkang dan lurus, jari-jari kedua tangan saling mengait,kedua tangan dijulurkan lurus dan jauh ke belakang masuk disela-sela antara kedua kaki,dorong tangan kearah dalam
 Berdiri tegak kaki kangkang, kedua lutut ditekuk, telapak tangan bertelekan pada atas lutut dengan lengan tetap lurus.Bahu kiri ditekan kesamping kanan bawah sedangkan lengan kiri relaks, dan sebagainya
 Berdiri tegak salah satu kaki diangkat dan ditekuk seperti posisi bersila didepan badan kedua tangan memegan pergelangan/mata kaki kiri ditarik keatas dan sebaliknya
 Berdiri tegak,salah satu kaki diangkat dengan posisi lutut lurus didepan dada dan kedua tangan memegangi lutut yang ditekuk dan sebaliknya
 Berdiri tegak dengan salah satu kaki diangkat dan ditekuk ke belakang, kedua tangan memegang ujung kaki yang terangkat, lalu tekan kaki sehingga menempel pada pinggul
 Berdiri tegak dengan salah satu kaki diangakt lurus ke depan, tangan yang searah dengan kaki yang diangkat memegangi ujung kaki dan ditarik keatas
 Berdiri tegak dengan salah satu kaki diangkat kesamping luar dengan tetap lurus, tangan yang searah dengan kaki diangkat memegangi ujung kaki dan ditarik keatas
 Posisi berdiri dengan salah satu kaki maju kedepan, bungkukkan badan kebawah dengan tangan memegang ujung kaki yang di depan dan kaki belakang ditekuk, usahakan untuk mencium lutut dengan menarik kaki ke depan
Posisi jongkok dengan kedua tumit diangkat, lebarkan salah satu kaki kesamping dengan tetap lurus
 Push up (10 Kali)
 Sit Up (10 Kali)


b) Kegiatan Inti (60 Menit)
Materi :
• Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok

c) Penutup (10 Menit)
 Siswa melakukan pendinginan dengan gerakan cium lutut, kemudian teman yang lainnya berusaha mendorong pundak secara perlahan-lahan, dilakukan secara bergantian.
 Siswa saling berhadapan, menundukkan badan dan kedua tangan ditaruh di atas pundak teman.
 Seluruh siswa dibariskan kembali kemudian guru memberikan evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dilakukan, do’a dan siswa dibubarkan

Pertemuan II
Materi :
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi


a) Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Pendahuluan (10 menit)
Siswa melakukan pemanasan berupa:
1. Stretcing dengan hitungan 1 X 8
 Siswa menundukkan kepala dengan kedua tangan menekan kepala ke bagian bawah
 Menegakkan kepala dengan dorongan kedua tangan ke bagian atas
 Kepala menoleh ke samping kiri dan kanan dan telapak tangan kanan menekan dagu ke bagian kanan dan kiri
 Berdiri tegak, kaki lurus sejajar bahu, lenga kiri lurus kedepan, telapak tangan terbuka menghadap kedepan, tangan kanan memegang ruas jari telapak tangan kiri dan menarik keempat jari tangan kiri ke belakang dan sebagainya.
 Berdiri tegak, kaki kangkang, badan dibomgkokkan dengan togog tetap lurus, tangan dijulurkan lurus ke depan dengan jari tangan saling mengait.
 Badan membongkok, kaki kangkang dan lurus, jari-jari kedua tangan saling mengait,kedua tangan dijulurkan lurus dan jauh ke belakang masuk disela-sela antara kedua kaki,dorong tangan kearah dalam
 Berdiri tegak kaki kangkang, kedua lutut ditekuk, telapak tangan bertelekan pada atas lutut dengan lengan tetap lurus.Bahu kiri ditekan kesamping kanan bawah sedangkan lengan kiri relaks, dan sebagainya
 Berdiri tegak salah satu kaki diangkat dan ditekuk seperti posisi bersila didepan badan kedua tangan memegan pergelangan/mata kaki kiri ditarik keatas dan sebaliknya
 Berdiri tegak,salah satu kaki diangkat dengan posisi lutut lurus didepan dada dan kedua tangan memegangi lutut yang ditekuk dan sebaliknya
 Berdiri tegak dengan salah satu kaki diangkat dan ditekuk ke belakang, kedua tangan memegang ujung kaki yang terangkat, lalu tekan kaki sehingga menempel pada pinggul
 Berdiri tegak dengan salah satu kaki diangakt lurus ke depan, tangan yang searah dengan kaki yang diangkat memegangi ujung kaki dan ditarik keatas
 Berdiri tegak dengan salah satu kaki diangkat kesamping luar dengan tetap lurus, tangan yang searah dengan kaki diangkat memegangi ujung kaki dan ditarik keatas
 Posisi berdiri dengan salah satu kaki maju kedepan, bungkukkan badan kebawah dengan tangan memegang ujung kaki yang di depan dan kaki belakang ditekuk, usahakan untuk mencium lutut dengan menarik kaki ke depan
 Posisi jongkok dengan kedua tumit diangkat, lebarkan salah satu kaki kesamping dengan tetap lurus
2. Calesteinic
3. Jogging 2 putaran





b) Kegiatan Inti (60 menit)
• Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi


c) Penutup (10 Menit)
a. Siswa melakukan pendinginan dengan gerakan cium lutut, kemudian teman yang lainnya berusaha mendorong pundak secara perlahan-lahan, dilakukan secara bergantian.
b. Siswa saling berhadapan, menundukkan badan dan kedua tangan ditaruh di atas pundak teman.
c. Seluruh siswa dibariskan kembali kemudian guru memberikan evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dilakukan, do’a dan siswa dibubarkan


E. Sumber Belajar
 Ruang terbuka yang aman
 Peluit
 Kerucut
 Tali
 Tiang
 Buku teks
 Buku referensi


E. Penilaian
1. Teknik penilaian :
- Tes unjuk kerja (psikomotor)
- Teknik gerakan yang dilakukan siswa
Keterangan :
Berikan penilaian terhadap unjuk kerja yang dilakukan dan kesungguhan siswa nilai 2 sampai 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = X 70
Jumlah skor maksimal

- Kesungguhan siswa dalam melakukan model latihan yang diberikan oleh guru.
- Pengamatan sikap

Keterangan :
Berikan penilaian nilai 2 sampai 4
terhadap kesungguhan, keaktipan melakukan aktivitas, displin, kerja sama serta serta toleransi

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = X 30
Jumlah skor maksimal

- Nilai akhir yang diperoleh siswa =

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi (sikap)












F. Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR SEPAK BOLA

Aspek Yang Dinilai Baik sekali
A) = 4 Baik
(B) =3 Cukup
(C) = 2
• Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
• Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
• Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan
• Mampu melakukan gerakan tubuh
• Mampu melakukan aktivitas pembentukan postur dan kondisi tubuh

Jumlah
Jumlah skor maksimal = 24


RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU/AFEKTIF DALAM SEPAK BOLA

Aspek Yang Dinilai Baik sekali
A) = 4 Baik
(B) =3 Cukup
(C) = 2
• Kesungguhan melakukan gerakan/ usaha yang dilakukan
• Keaktifan bertanya dan keaktifan melakukan aktivitas
• Disiplin
• Kerja sama dan toleransi
Jumlah
Jumlah skor maksimal = 16

pontianak, 21 September 2010

Guru Pamong Praktikan



MOCTHARUDIN, S.Pd YONATAN
NIP. NIM. F38007068

Kamis, 17 Maret 2011

rpp silabus penjas juga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi penyerangan dalam permainan sepak bola.
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi pertahanan dalam permainan sepak bola.

C. Materi Pokok
Sepak Bola (Variasi Penyerangan dan Pertahanan)

D. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik menyerang dengan cara :
• Gerakan tanpa bola
Pemain selalu bergerak untuk mencari tempat yang tidak terjaga oleh lawan
• Gerakan dengan bola dilakukan dengan cara :
• Operan satu-satu atau wall pass, teknik ini dimainkan oleh dua orang pemain untuk saling bekerja sama untuk memberi dan menerima operan.
• Lemparan kedalam
Lemparan kedalam dapat menjadikan serangan berbahaya bila dilakukan di daerah pertahanan lawan
Tendangan penjuru dan tendangan bebas
- Latihan teknik pertahanan dilakukan dengan cara :
• Penjagaan satu lawan satu (man to man marking)
• Penjagaan daerah (zona defence)
• Penjagaan gabungan (kombinasi) antara penjagaan satu lawan satu dan penjagaan daerah
- Latoihan bermain sepak bola dengan menerapkan pola menyerang dan bertahan

60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi


E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Bola kaki, lapangan sepak bola, peluit, bendera kecil

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan tes perbuatan



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi pola penyerangan.
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi pola pertahanan.
C. Materi Pokok
Bola voli (variasi penyerangan dan pertahanan)
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik penyerangan dari posisi 2 ditujukan ke posisi 3 dan 4
- Latihan teknik penyerangan dari posisi 3 ditujukan ke posisi 2 dan 4.
- Latihan teknik penyerangan dari posisi 4 ditujukan ke posisi 3 dan 2

- Latihan pertahanan dengan menggunakan blocking tunggal.
- Latihan pertahanan dengan menggunakan blocking ganda
- Latihan pertahanan dengan menggunakan blocking tiga pemain
- Latihan cover block
- Teknik bermain dengan menggunakan variasi penyerangan penyerangan dan pertahanan
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Bola voli, net voli, lapangan voli, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dipraktekkan.


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai vatriasi, bentuk dan strategi dalam permainan bola basket
- Mengaplikasikan nilai kerjasama kelompok pantang menyerah dan fair play dalam permainan.

C. Materi Pokok
Bola Basket (Variasi penyerangan dan variasi pertahanan)

D. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diterusan dengan pemanasan
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Pola penyerangan dalam pemainan bola basket dapat dilakukan dengan cara :
• Set offence
Yaitu teknik serangan yang dilakukan dan dibangun dari bagian awal sampai penyelesaian akhirnya
• Fast break
Yaitu teknik serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat, sebelum lawan membuat pola pertahanan.
• Shuffle
Yaitu teknik penyerangan yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu bergerak dari satu posisi ke posisi lain.
• Duble Pivot Offence
Yaitu menempatkan dua orang pemain berada jauh disudut daerah pertahanan lawan
• Give and go weave
Teknik penyerangan yang melibatkan semua pemain
• Drive, driving yaitu serangan secara cepat dan agresif oleh pemain

70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
- Pola pertahanan dengan menggunakan
• Zona defenfce (pertahanan daerah)
• Man to man defence (pertahanan oorang per orang)
• Screen switch defence (pertahanan anti tirai)
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Petunjuk Mengajar Olahraga di SLA oleh Depdikbud RI Jakarta
Alat :

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
2.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Teknik mengenal bola
- Melakukan teknik memukul bola

C. Materi Pokok
Tenis Meja

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Teknik mengenal bola dilakukan dengan cara menimang-nimang bola dengan menggunakan bad baik back hand maupun forehand serta ditempat maupun dengan berjalan
- Teknik memukul bola ke arah dinding
- Teknik memukul bola diatas meja dari arah forehand
- Teknik memukul bola diatas meja dari arah backhand
- Teknik memukul bola secara menyilang
- Bermain tenis meja dengan peraturan yang dimodifikasi
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Hasil penataran calon instruktur Penjas di Jakarta
Alat : Meja pingping, bad, net pingpong, stop watch, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Memukul bola / shuttle chock

C. Materi Pokok
Bulutangkis

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan diteruskan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik memukul bola terdiri dari :
• servis pendek
• servis kejut
• servis mendatar
• servis panjang
- Latihan memukul bola shuttle chock dari arah :
• Mendatar (menyamping)
• Dari atas kepala, yang meliputi lob, dropshot, smash dan pukulan melingkar dari atas kepala
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi (koreksi) terhadap kegiatan yang telah dilakukan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Raket, shuttle chock, net bulutangkis, lapangan bulutangkis

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semanngat dan percaya diri

B. Indikator
- Melakukan keterampilan lompat jangkit

C. Materi Pokok
Lompat Jangkit

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
Latihan lompat jangkit meliputi :
- Cara melakukan awalan dalam lompat jangkit
- Cara melakukan tolakan pada waktu berjingkat
- Cara melakukan tolakan pada waktu melangkah
- Cara melakukan tolakan pada waktu melompat
- Teknik sikap mendarat
Latihan lompat jangkit secara keseluruhan
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang telah dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Bak lompat jangkit, perata pasir, cangkul, roll meter

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.4 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beladiri secara berpasangan dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras, percaya diri dan menerima kekalahan

B. Indikator
- Melakukan teknik serangan lengan (tangan)
- Melakukan teknik serangan tungkai (kaki)
- Melakukan teknik tangkisan
- Mengaplikasikan nilai kerjasama kelompok, pantang menyerah

C. Materi Pokok
Pencak Silat

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi serta penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
Latihan teknik pencak silat meliputi :
- Teknik serangan menggunakan lengan (tangan)
- Teknik serangan menggunakan tungkai (kaki)
- Teknik tangkisan
- Teknik latihan berpasangan yaitu satu orang melakukan serangan dan satunya melakukan tangkisan.
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi atau koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Pelindung dada, aula, stop watch.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan

Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
2.1 Merancang program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

B. Indikator
- Mengidentifikasi jenis latihan kebugaran jasmani yang sesuai kebutuhan
- Merencanakan program latihan fisik jangka pendek untuk pemeliharaan kebugaran jasmani

C. Materi Pokok
Pemeliharaan Kebugaran Jasmani

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi serta penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Menjelaskan pentingnya membuat program kondisi fisik jangka pendek
- Bentuk-bentuk program latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani meliputi :
• latihan jalan kaki
• kari atau jogging
• bersepeda
• melakukan latihan jalan kaki menempuh jarak 3,2 km dan hasilnya dicatat
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Tes Kebugaran Jasmani oleh Departemen Pendidikan
Alat : Stop watch, blangko penilaian, peluit.
F. Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
3.1 Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman

B. Indikator
- Melakukan gerakan salto depan
- Melakukan gerakan hand stand
- Melakukan gerakan meroda
- Melakukan rangkaian meroda dan salto depan

C. Materi Pokok
Senam Lantai

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan diadakan presensi serta penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan salto depan dengan bantuan dua orang teman
• Latihan salto depan dengan diawasi teman
- Latihan hand stand dengan bantuan teman
• Latihan hand stan dengan bantuan dinding
• Latihan hand stand sendiri
- Latihan meroda
- Melakukan gerakan rangkaian meroda dan salto depan
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dikoreksi kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Matras, aula

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melakukan tes perbuatan.


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika.

B. Indikator
- Menyebutkan manfaat senam aerobik terhadap kesehatan
- Melakukan ketrampilan gerakan kombinasi rangkaian (minimal 8 macam gerakan) senam aerobik dengan menerapkan nilai percaya diri, tanggung jawab, kerjasama dan menghargai teman

C. Materi Pokok
Senam Aerobik
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan melihat VCD tentang senam aerobik serta diteruskan pembagian kelompok, pembagian tugas.
20 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Kelompok satu membuat rangkaian gerak senam aerobik yang berisi gerakan pemanasan
- Kelompok dua membuat rangkaian gerak yang bertujuan memperkuat otot lengan
- Kelompok tiga membuat rangkaian gerak yang bertujuan memperkuat oto dada, bahu dan
- Kelompok empat membuat gerakan yang bertujuan untuk memperkuat daya tahan secara keseluruhan

Menggabungkan gerakan-gerakan kreasi dari kelompok satu sampai dengan kelompok empat
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi tentang gerakan yang telah dilakukan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : TV, VCD, kaset senam aerobik

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan terhadap kelompok-kelompok

Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan keterampilan gaya renang gaya dada lanjutan, gaya bebas lanjutan, gaya punggung lanjutan, gaya samping lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras, dan keberanian.

B. Indikator
- Melakukan keterampilan renang gaya dada dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya bebas dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya punggung dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya samping dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya ganti

C. Materi Pokok
Renang Gaya Ganti

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Teknik renang gaya dada menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya bebas menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya pungung menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya samping menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya ganti yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan gaya samping
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dipresensi kembali dan dievaluasi kegiatan yang telah dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Pelampung, kolam renang
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.

rpp silabus penjas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan formasi bentuk dan strategi pola penyerangan.
- Menggunakan berbagai formasi bentuk dan strategi pola pertahanan.

C. Materi Pokok
Sepak Bola

D. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dilanjutkan penjelasan materi secara singkat dan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Melakukan latihan formasi 4-2-4 caranya 4 pemain barisan belakang merupakan suatu pertahanan yang baik untuk menjaga gawangnya, dua center back saling berdampingan untuk saling menolong, sedangkan dua full back bertugas melindungi centre back, dan membantu penyerangan secara aktif.
- Pemain tengah harus bekerja keras untuk beroperasi pada lapangan yang mempunyai daerah yang luas. Mereka dikonsentrasikan untuk membangun serangan dan bertahan.
4 barisan depan dipersiapkan untuk penyerangan.
- Pola pertahanan dapat dilakukan dengan cara :
• Penjagaan satu lawan satu (man to man marking). Dalam sistem ini prinsip dasar permainan adalah bertahan dengan cara penjagaan orang per orang bila lawan masuk daerah pertahanan kita.
• Penjagaan daerah (zona defence)
Dalam pertahanan dengan cara penjagaan daerah, seorang pemain menjaga daerah tertentu di daerah pertahanan.
• Penjagaan gabungan (kombinasi) adalah perpaduan antara man to man marking dan zona defence.
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi atau koreksi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi


E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek kelas XI oleh Muhajir
Alat : Bola kaki, lapangan, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dipraktekkan.



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar secara sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai formasi, bentuk dan strategi dalam permainan bola voli.
- Memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur (fair play) dalam permainan.

C. Materi Pokok
Bola Voli

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan dipresensi serta penjelasan materi yang akan dipraktekkan dilanjutkan dengan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik serangan menggunakan sistem 4 Sm – 2 Su dengan cara :
Set uper berada pada posisi 3 dan 6 lainnya diisi oleh smasher.
- Latihan pola pertahanan, dilakukan dengan cara :
- Sistem pertahanan terhadap servis-
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan bola voli, bola voli, net voli, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar secara sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai formasi, bentuk dan strategi dalam permainan bola basket
- Menerapkan strategi penyerangan
- Memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur dalam permainan.
C. Materi Pokok
Bola Basket
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan dipresensi serta penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan pola penyerangan, dilakukan dengan cara :
• Penyerangan bebas
• Penyerangan kilat
• Penyerangan kilat berpola
• Penyerangan berpola
Macam-macam latihan penyerangan :
- Operan jarak jauh
- Operan jarak jauh dalam segitiga
- Tiga lawan satu
- Tiga lawan dua
- Latihan bertahan, yang perlu diperhatikan adalah :
• Sikap jaga
• Olahkaki untuk memenangkan langkah
• Dasar-dasar umum dalam jaga
• Posisi jaga dan pembagian daerah
• Jaga terhadap situasi-situasi khusus
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi / koreksi kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan basket, bola basket, stop watch, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan

Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola kecil secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai formasi, bentuk dan strategi dalam permainan rounders.
- Memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur (fair play) dalam permainan

C. Materi Pokok
Rounders

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan diadakan presensi diteruskan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti







60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi / dikoreksi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Permainan Olahraga Tradisional oleh FKIP Jurusan Olahraga UNS
Alat : Stick, bola rounders, lapangan, tempat hinggap, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan mengadakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri

B. Indikator
- Melakukan teknik noomr tolak peluru gaya menyamping.

C. Materi Pokok
Tolak Peluru Gaya Menyamping

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up), dengan penekanan kekuatan otot lengan, dada dan kaki

10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Teknik memegang peluru
Peluru diletakkan pada pangkal tiga jari tengah kelingking dan ibu jari berada disamping peluru dengan sewajarnya
- Teknik meletakkan peluru
Setelah dipegang dengan benar, peluru diletakkan diatas bahu dibawah telinga merapat ke leher, telapak tangan menghadap depan agak keatas, siku pemegang peluru lurus ke samping (sejajar dengan bahu) tangan satunya dengan siku ditekuk berada di depan dahi.
- Teknik tolak peluru gaya menyamping
Berdiri dengan berat badan pada kaki kanan, lutut sedikit ditekuk, badan membungkuk kaki kiri diayunkan ke samping kiri ke arah lemparan, setelah ayunan dirasa enak kaki kanan ikut bergeser kearah kiri, begitu kaki kiri mendarat bersamaan dengan kaki kanan, lengan kiri memutar badan ke kiri diikuti menolakkan peluru kearah atas depan untuk menjaga keseimbangan setelah peluru didorong kedepan posisi kaki berubah yaitu kaki kanan ke depan kaki kiri lurus ke belakang.

60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas





No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi / dikoreksi kegiatan yang telah dilakukan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi


E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Peluru, lapangan tolak peluru, roll meter, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.4 Mempraktikkan keterampilan teknik penyerangan salah satu salah satu permainan olahraga beladiri, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan tangan.
- Melakukan teknik menghindar dari serangan dengan menggunakan tangan
- Melakukan gerakan serang hindar secara berpasangan
C. Materi Pokok
Pencak Silat (Teknik Serangan Tangan)
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
Teknik serangan lengan :
Berdasarkan arah serangan terdiri dari :
- Arah depan meliputi :
• Tinju dilakukan dengan cara tangan mengepal
• Tebak dilakukan dengan cara menggerakkan telapak tangan
• Sodok dilakukan dengan cara tangan menggenggam menghadap keatas
• Bantul dengan cara tangan menggenggam perkenaan pada punggung tangan.
- Arah bawah meliputi : : bandul, sanggah dan colok
- Arah atas meliputi : tebak, tumbuk, pedang
- Arah samping : pedang, bandul, kepret
- Serangan menggunakan siku
- Teknik menghindar meliputi :
Hindar hadap, hindar sisi, hindar angkat kaki, hindar kaki silang
- Latihan gerakan serang hindar secara berpasangan
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Teori Praktek oleh : Muhajir
Alat : Pelindung dada, aula, stop watch.
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan
Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan.
- Melakukan bentuk latihan tenaga ledak
- Melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
- Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
- Melakukan berbagai bentuk latihan ketepatan
- Melakukan berbagai bentuk latihan daya tahan

C. Materi Pokok
Latihan Kebugaran Jasmani
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan yaitu : shuttle run, lari zig-zag.
- Melakukan latihan daya ledak yaitu dengan squat jump, lompat ditempat, lompat tanpa awalan
- Melakukan latihan kecepatan dengan lari sprint jarak 25 meter
- Melakukan latihan kekuatan : push up, sit up, back up.
- Melakukan latihan ketepatan dengan cara lempar, tangkap danlempar kearah sasaran.
- Melakukan latihan daya tahan kardiorespirasi dengan melakukan lari jarak jauh
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi tentang kegiatan yang telah dilakukan
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Lintasan lari, bola tenis, stop watch, peluit.
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.

Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
2.2 Mempraktikkan tes untuk kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

B. Indikator
- Menerapkan konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani
- Mengukur kelincahan
- Mengukur daya tahan
- Mengukur keceptan
- Mengukur kelentukan

C. Materi Pokok
Tes Kebugaran Jasmani

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, presensi dan penjelasan materi secara singkat dan diteruskan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Praktek tes kebugaran jasmani menurut ketentuan yang disampaikan oleh Departemen Pendidikan
- Hasil dicatat
- Hasil tes diinterpretasikan
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Panduan Tes Kebugaran Jasmani
Alat : Perlengkapan tes kebugaran jasmani

F. Evaluasi
Penilaian dengan pengamatan langsung


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
3.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman

B. Indikator
- Melakukan guling lenting
- Melakukan guling belakang
- Melakukan lenting tengkuk
- Melakukan gerakan rangkaian
- Melakukan guling depan diatas peti lompat

C. Materi Pokok
Senam Ketangkasan

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan dipresensi diteruskan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.

10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Melakukan latihan guling depan dari sikap jongkok
- Melakukan latihan guling belakang dari sikap berdiri
- Melakukan latihan lenting tengkuk, caranya :
Sikap awal : berdiri tegak kaki rapat, bungkukkan badan, letakkan kedua tangan di matras selebar bahu di depan ujung kaki sejauh  60 cm. Bengkokkan siku, letakkan tengkuk (leher bagian belakang) pada matras. Lentingkan tungkai keatas menyudut 60o bersamaan tolakan tangan kuat, kemudian kaki mendarat. Panggul didorong kedepan, kepala dilipat ke belakang, lengan lurus keatas.
- Melakukan rangkaian guling depan, guling belakang dan lenting tengkuk.
- Guling depan diatas peti lompat, caranya awalan berlari, kemudian kedua kaki menolak dengan kuat ke depan atas, badan melayang condong ke depan, pandangan dan tangan mengarah ketempat tumpuan tangan, setelah tangan menumpu, panggul dan tungkai naik, letakkan tengkuk diatas peti diteruskan berguling ke depan.
Sikap akhir : jongkok diatas peti lompat
- Neck spring diatas peti lompat
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas


No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Box (peti lompat), matras, papan tolakan

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan siswa.



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
4.2 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, toleransi, kerjasama, keluwesan dan estetika.

B. Indikator
- Melakukan senam aerobik menggunakan alat

C. Materi Pokok
Senam Dingklik

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Melakukan senam aerobik menggunakan alat yaitu dengan dingklik gerakannya adalah :
• Langkah A
• Menyilang diatas
• Sudut kekiri
• Langkah ke kiri
• Over the stop
• Lunge
• Power moves
• berjongkok
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dikoreksi kegiatan yang baru saja dilakukan.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek 3 untuk SMA kelas XII oleh : Muhajir
Alat : Dingklik, tape recorder, kaset tape recorder

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.

Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
5.1 Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerjasama dan kerja keras.

B. Indikator
- Melakukan renang gaya bebas
- Melakukan renang pertolongan dengan menggunakan gaya bebas kepala diatas
- Melakukan teknik membawa korban ketika terjadi kecelakaan di air
C. Materi Pokok
Renang Pertolongan
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf ditepian kolam, berdo’a bersama diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Praktek renang gaya bebas secara benar
- Praktek renang gaya bebas dengan kepala selalu diatas permukaan air
- Latihan teknik masuk ke permukaan air, caranya adalah :
• Meloncat dengan kaki dahulu
• Lari kemudian masuk air
• Terjun dekat jangkauan jauh
• Cara mendekati korban
- Latihan teknik membawa korban, caranya :
• Memegan dari depan
• Memegang lengan dari belakang
• Memegang lengan korban dengan dua orang penolong
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dipresensi lagi dikoreksi kegiatan yang telah dipraktekkan.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek I oleh : Muhajir
Alat : Pelampung, kolam renang, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan

Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : Xi / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
5.2 Mempraktikkan keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian dan kerja keras

B. Indikator
- Melakukan loncat paku ke depan
- Melakukan loncat paku ke belakang

C. Materi Pokok
Loncat indah

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan / warming up
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Praktek loncat paku ke depan, caranya :
• Sikap awal :
- Berdiri kaki rapat di tepi papan loncat
- kedua kaki diluruskan ke depan
- pandangan lurus ke depan
• Sikap persiapan :
- turunkan lengan ke samping badan
- diteruskan dengan ayunan ke samping sambil mengangkat tumit
• Tolakan kaki :
- ayunkan lengan keatas lewat bawah depan sambil menekuk lutut
- pada waktu lengan sampai di depan lutut diluruskan
- pada waktu lengan keatas ujung kaki menolak papan loncat sekuat-kuatnya, ayunan tangan dan jejakan kaki merupakan satu gerakan yang serempak.
• Sikap diudara :
- Loncat paku lurus
- Loncat paku jongkok
• Sikap masuk air
- Tegak lurus pada permukaan air
- Ujung kaki meruncing
- Kedua tangan rapat dipaha
- Loncat paku ke belakang
Prinsip sama, hanya siawal membelakangi air

70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas


No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dipresensi lagi dan dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku :
Alat : papn loncat, kolam renang, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
6.1 Memahami bahaya HIV / AIDS.

B. Indikator
- Menjelaskan pengertian HIV / AIDS
- Menjelaskan bahaya HIV / AIDS
- Menjelaskan cara penularan HIV / AIDS
- Menyebutkan gejala-gejala terkena HIV / AIDS
- Menjelaskan cara-cara pencegahan

C. Materi Pokok
Penyakit HIV / AIDS

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Berdo’a bersama, diadakan presensi dan jawab tentang kesehatan

10 menit
Ceramah
Tanya jawab
2. Inti
- Pengertian HIV adalah nama virus yang dapat menimbulkan penyakit AIDS.
- HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus
- AIDS singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome yang artinya suatu penyakit yang bisa merusak kekebalan tubuh, terhadap serangan penyakit
- Bahaya HIV/AIDS adalah dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia.
- Cara penularan HIV/AIDS melalui
• Hubungan seksusl dengan penderita
• Transfusi darah
• Penggunaan jarum suntik yang tidak steril
• Ibu hamil yang positif terkena HIV/AIDS menularkan ke janin
- Gejala-gejala klinis terkena HIV maupun gejala-gejala yang diperlihatkan pasien di RSCM
- Cara pencegahan :
• Menjalin komunikasi yang akrab dengan keluarga
• Menanamkan konsep yang benar dan yang salah
• Membuat mereka merasa menjadi bagian dari keluarga
• Mengajarkan tentang bahaya narkotika, seks bebas
• Mendalami ajaran agama
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Diisi diskusi atau tanya jawab materi yang telah dibahas
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Mengenal dan mencegah bahaya narkotika oleh : Chandra Purwanto
Alat : Gambar-gambar yang berhubungan dengan HIV / AIDS

F. Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes tertulis



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

rpp penjaskes

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Mengenal bola
- Menendang bola
- Menghentikan bola / mengontrol bola
- Menggiring bola
- Melempar bola
- Bermain sepak bola secara sederhana

C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

D. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi serta penjelasan materi yang akan dibahas serta dilanjutkan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Teknik mengenal bola dilakukan dengan cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola
- Teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar
- Teknik menghentikan / mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung kakai dan kaki bagian luar.
- Teknik melempar bola dilakukan dengan cara :
a. berdiri diluar garis samping
b. bola dipegang dengan dua tangan dari atas belakang kepala
c. badan ditarik ke belakang diteruskan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan (menggunakan kekuatan otot perut, panggul, bahu dan tangan)
- teknik bermain bola secara sederhana
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru dipratekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi




E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Lapangan sepak bola, bola kaki, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.




Kepala MA PPMI Assalaam


Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan passing bawah
- Melakukan passing atas
- Melakukan servis bawah
- Bermain bola voli secara sederhana

C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Voli

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a. Passing bawah
b. Passing atas
c. Servis bawah
Setelah melakukan latihan tersebut diatas dirasa cukup diteruskan bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang sederhana
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan bola voli, bola voli, net voli, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan


Kepala MA PPMI Assalaam



Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada
- Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantulan
- Melakukan teknik operan dan menangkap bola atas
- Melakukan teknik operan dan lemparan bola samping
- Melakukan teknik dribbling
- Bermain basket secara sederhana

C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Basket
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a. Lempar tangkap bola setinggi dada
b. Lempar tangkap bola pantulan ke lantai
c. Lempar tangkap bola operan dari samping
d. Dribble sambil berjalan dan berlari
Setelah teknik tersebut diatas dirasa cukup dilakukan dengan bermain basket dengan menggunakan peraturan yang sederhana
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan basket, bola basket, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan


Kepala MA PPMI Assalaam



Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan teknik melambungkan bola
- Melakukan teknik melempar bola dengan benar
- Melakukan teknik menangkap bola dengan benar
- Melakukan teknik memukul bola
- Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi

C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Rounders

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik masih tetap menjadi 4 saf, saling berhadapan untuk melakukan :
a. Lempar tangkap bola melambung
b. Lempar tangkap bola datar
c. Lempar tangkap bola menggelinding
d. Teknik memukul bola
e. Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi kegiatan yang telah dipratekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Petunjuk Permainan Tradisional oleh UNS
Alat : Stick (alat pemukul Rounders), bola rounders, tempat hinggap

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan

Kepala MA PPMI Assalaam



Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan teknik start jongkok
- Melakukan teknik teknik berlari
- Melakukan teknik memasuki finish

C. Materi Pokok
Lari Jarak Pendek

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat diteruskan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Melakukan start jongkok
Macam-macam start jongkok :
a. Start pendek
b. Start menengah
c. Start panjang
Cara melakukan :
d. Sikap awal berdiri di belakang garis start, langkahkan kaki kiri ke depan, dan jari kaki lurus ke depan.
e. Letakkan jari-jari kaki belakang segaris dengan tumit kaki depan. Jarak antara kedua kaki satu tapak tangan (start pendek/ Bunch Start)
f. Jatuhkan badan ke depan dan letakkan jari0jari tangan di belakang garis start (membentuk huruf V terbalik). Sikap lengan lurus, berat badan hampir seluruhnya bertumpu pada kedua tangan.
g. Aba-aba siap, angkat panggul ke atas, sehingga pantat lebih tinggi dari pundak.
h. Aba-aba “Ya”, tolakan kaki pada balok start sekuat-kuatnya, lalu berlari secepat-cepatnya.
- Teknik berlari, lari jarak pendek menapak menggunakan ujung kaki, mengangkat lutut tinggi, ayunan tangan mengikuti langkah kaki.
- Teknik masuk finish dilakukan dengan tetap berlari tanpa mengurangi kecepatan, menyentuh finish dengan cara memiringkan bahu atau ambyuk.
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi


E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat : Lapangan, balok start, bendera start, stop watch, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan




Kepala MA PPMI Assalaam



Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.4 Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri, serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan sikap pasang dengan benar
- Melakukan berbagai teknik pukulan dengan baik
- Melakukan berbagai teknik tendangan

C. Materi Pokok
Teknik Dasar Pencak Silat

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
Masih dalam formasi 4 saf diteruskan latihan :
- Sikap pasang adalah suatu sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari rangkaian gerak. Unsur sikap pasang : sikap kuda-kuda, sikap tubuh, sikap lengan dan sikap tangan.
- Latihan teknik pukulan dari depan
a. Tinju dilakukan dengan cara tangan dikepalkan
b. Tebak dilakukan dengan menggunkan satu telapak tangan
c. Sodok dilakukan menggunakan telapak tangan terlentang
d. Bandul dilakukan dengan mengayun kepalan
- Latihan teknik pukulan dari arah bawah
a. Bandul dilakukan seperti upper cut dalam tinju
b. Sanggah dilakukan menggunakan pangkal telapak tangan
c. Colok / tusuk dilakukan menggunakan jari-jari terbuka
- Teknik tendangan dapat dilakukan dari arah :
a. Depan
b. Samping
c. Belakang
d. Busur
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang baru saja dipratekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi


E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Aula, pelindung badan

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan




Kepala MA PPMI Assalaam



Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan, dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
- Melakukan berbagai bentuk latihan kelentukan
- Melakukan brebagai bentuk latihan keseimbangan
C. Materi Pokok
Latihan Kebugaran Jasmani
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok.
Kelompok 1 : melakukan latihan kekuatan otot lengan dengan push up
a. Melakukan latihan kekuatan otot
Perut dengan sip-up
b. Melakukan latihan kekuatan otot
Punggung dengan back off
c. Melatih otot kaki dengan squat jump
Kelompok 2 : melakukan latihan kekukatan dari anggota tubuh bagian atas menuju anggota bagian bawah.
Kelompok 3 : melakukan latihan keseimbangan
Setelah dirasa cukup, tiap kelompok bergantian melakukan latihan lainnya, sehingga ketiga kelompok latihan kekuatan, kelentukan dan keseimbangan
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat : Aula, stop watch
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melalui pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.


Kepala MA PPMI Assalaam

Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

B. Indikator
- Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani
- Menerapkan ketelitian, kesabaran, keuletan dan kecermatan dalam pengolahan data
C. Materi Pokok
Tes Kebugaran Jasmani
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat dan dilanjutkan dengan pemanasan / warming up.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Praktek tes dan pengukuran kebugaran jasmani adapun rangkaian tes kebugaran jasmani untuk usia 16 – 19 tahun (untuk siswa SMA) terdiri dari :
a. Lari 60 meter
b. Gantung angkat tubuh 60 detik untuk pria dan gantung siku tekuk untuk wanita.
c. Baring duduk 60 detik
d. Loncat tegak
e. Lari 1200 meter untuk pria dan 1000 meter untuk wanita
- Hasil dari rangkaian tes dicatat dan hasilnya yang masih berupa hasil kasar yang masih merupakan satuan ukuran yang berbeda perlu diganti dengan satuan ukuran yang sama, satuan ukuran pengganti ini adalah nilai. Nilai deroleh dari tabel yang sudah ditentukan. Setelah diubah menjadi nilai langkah berikutnya adalah menjumlahkan nilai-nilai kelima butir tes. Hasil penjumlahan menjadi dasar untuk menentukan mategori kebugaran jasmani peserta didik.
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, sambil mengumpulkan catatan hasil tes, kemudian dievaluasi kegiatan yang telah dilakukan/
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Lapangan, stop watch, palang tunggal, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dengan mengamati hasil tes (tes perbuatan)


Kepala MA PPMI Assalaam

Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman

B. Indikator
- Melakukan gerakan guling lenting
- Melakukan gerakan kayang
- Melakukan sikap lilin
- Melakukan head stand (berdiri dengan kepala)
- Melakukan sikap berdiri dengan kedua telapak tangan

C. Materi Pokok
Senam Lantai

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat diteruskan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Melakukan latihan :
• guling lenting
- sikap awal : berdiri tegak, tangan lurus disamping badan
- langkahkan kaki kiri ke depan dan tekuk lututnya, sedangkan kaki kanan lurus dibelakang
- tekuk kedua siku, masukkan kepala diantara dua tangan, posisi kedua tangan dan kaki segaris lurus
- lemparkan kaki kanan keatas depan diikuti lentingan tungkai kaki kiri, pinggul dan tubuh mengikuti kedua lengan lurus keatas depan.
- Kedua kaki rapat mendarat di matras bersama-sama
• Gerakan kayang
- sikap awal : berdiri tegak, kaki agak dibuka
- luruskan lengan ke atas, tengadahkan kepala lengkungkan badan ke belakang secara perlahan-lahan sampai kedua telapak tangan menyentuh matras, posisi kedua tangan terbuka
• sikap lilin
- sikap awal : berbaring telentang, kedua tangan disamping badan
- angkat tungkai lurus keatas, pinggul ikut keatas, kedua tangan menahan pinggul, untuk keseimbangan
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
• head stand
- sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan rapat disamping badan
- bungkukkan badan ke depan, letakkan kedua telapak tangan di matras
- letakkan dahi di matras diantara dua tangan yang membentuk segitiga
- angkat pinggul ke atas, badan tegak lurus pada matras
- Berdiri tegak dengan salah satu kaki didepan, tangan dirapat di badan
- Bungkukkan badan ke depan, letakkan kedua telapak tangan di lantai, ayunkan kaki belakang keatas diikuti oleh kaki satunya, kemudian dirapatkan lurus keatas, pertahankan
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi / koreksi
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Aula, matras, peluit

F. Evaluasi
Penilaian melakukan tes perbuatan




Kepala MA PPMI Assalaam


Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak dengan langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

B. Indikator
- Melakukan gerak dasar langkah
- Melakukan gerak dasar lompat
- Melakukan rangkaian gerak dasar langkah dan lompat
- Melakukan gerak dasar ayunan lengan

C. Materi Pokok
Gerak Ritmik

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi diberi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Melakukan latihan macam-macam gerak dasar langkah yaitu :
• Langkah cha-cha-cha
• Langkah grapevine
• Langkah mambo
• Langkah V
• Langkah sentuh ke kanan
- Melakukan latihan lompat
• Jingkat
• Loncat
• Lompat sergap
• Split
• twist
- Melakukan kombinasi langkah dan lompat
- Latihan gerak dasar ayunan
• Mengangkat tangan di depan
• Buka dan silang
• Memompa
• Tinju
• Mengayun
• tepukan
- Melakukan kombinasi gerakan kaki dan tangan

60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang baru saja dipraktekkan
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Tape Recorder, kaset recorder, aula

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap gerakan / kegiatan yang dilakukan oleh peserta.




Kepala MA PPMI Assalaam



Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
5.1 Mempraktikkan keterampilan teknik dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab dan kerja keras.

B. Indikator
- Melakukan teknik meluncur
- Melakukan teknik gerakan kaki
- Melakukan teknik gerakan lengan
- Melakukan teknik pernafasan
- Melakukan latihan koordinasi renang gaya bebas

C. Materi Pokok
Renang Gaya Bebas

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf ditepian kolam, berdo’a bersama dan dipresensi serta penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik meluncur :
• Berdiri merapat di kolam, salah satu kaki menempel dinding kolam
• Kedua tangan lurus keatas disamping kepala
• Badan membungkuk ke depan diikuti kedua tangan
• Kaki didorongkan dari dinding kolam dan kaki satunya ditarik keatas ikut mendorong
- Latihan gerkan kaki
• Gerakan kaki naik turun secara bergantian, gerakan dimulai dari panggul dan berakhir pada kibasan pergelangan kaki
- Latihan gerakan lengan
Dengan jari-jari tangan rapat satu tangan menekan ke bawah melalui garis tengah badan kemudian lengan mendorong air ke belakang atas lalu menuju kesamping badan. Siku keluar lebih dulu dari dalam air sementara lengan masih berada di dalam air melakukan gerakan mendorong air ke belakang atas dan dilanjutkan memutar lengan membawa tangan ke depan badan, setelah tangan sampai di depan badan gantian tangan satunya melakukan gerakan mendayung dan seterusnya.

60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
- Latihan pernafasan
Dilakukan dengan memutar leher ke kiri atau ke kanan sesuai dengan tangan yang mendayung di belakang, ketika mulut berada di atas permukaan air ambil nafas melalui mulut begitu tangan yang di belakang diputar ke depan masuk ke air maka muka kembali lagi ke air sambil membuang nafas
- Latihan koordinasi secara keseluruhan
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan diatas kolam renang dipresensi lagi dan dievaluasi kegiatan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek untuk SMA kelas X oleh : Muhajir
Alat : Pelampung, peluit, kolam renang
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan


Kepala MA PPMI Assalaam


Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
6.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah sungai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menoilong, melaksanakan keputusan kelompok

B. Indikator
- Memilih lokasi yang aman dan nyaman
- Menggunakan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan
- Menelusuri sungai
- Menerapkan prinsip dasar menjelajah di sungai

C. Materi Pokok
Penjelajahan di sungai

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi serta penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan / warming up
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, tiap-tiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua dilanjutkan dengan
- Pemilihan lokasi yang aman
- Menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan
- Menyeberangi / menelusuri sungai perkelompok
- Menerapkan prisnip dasar penjelajahan / penyeberangan sungai
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi kegiatan yang telah dipraktekkan
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Untuk SMA kelas 1 oleh : Agus Mukholid
Alat : Ransel, tongkat, tali
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan



Kepala MA PPMI Assalaam


Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
7.1 Menganalisis bahaya penyalahgunaan narkoba.
B. Indikator
- Mengklasifikasikan jenis-jenis narkoba yang sering disalah gunakan.
- Mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan narkotika.

C. Materi Pokok
Narkoba
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
- Berdo’a bersama, diadakan presensi
- Apersepsi : tanya jawab tentang narkoba
10 menit
Ceramah
Tanya jawab
2. Inti
- Pengertian narkoba adalah semua bahan obat yang umumnya mempunyai efek kerja bersifat :
a. membius
b. merangsang
c. menimbulkan ketagihan
d. menimbulkan khayalan
- klasifikasi jenis narkoba yang sering digunakan / disalah gunakan
• opium
• morfine
• ganja
• kokaine
• sabu-sabu, dll
- Penyebab memakai narkoba :
• Pelampiasan dari kekecewaan
• Kurang mengerti akibat / bahaya dari narkoba
• Coba-coba / rasa ingin tahu
• Pengaruh teman pergaulan
• Kurang mengamalkan ajaran agama
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Tanya jawab
- Tugas
20 menit
Ceramah
Diskusi
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek untuk SMA kelas X oleh : Muhajir
Alat : Pelampung, peluit, kolam renang
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan mengadakan tes tertulis

Kepala MA PPMI Assalaam


Sigit Rahardja, S.Si Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

Kamis, 10 Maret 2011

mikro teaching

mikro teaching adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh setiap mahasiswa yang kuliah di fakultas keguruan ilmu pendidikan. dimana dalam mikro teaching ini adalah suatu masa latihan yang harus ditempuh setiap mahasiswa untuk mempersiapkan dirinya untuk menghadapi PPL ke sekolah-sekolah nantinya. untuk itulah sangat penting bagi mahasiswa untuk melewati masa mikro teaching ini dengan baik agar kelak dapat menjadi guru yang profesional.
dalam mikro teaching ini mahasiswa dikelompokan dari beberapa anggota antara 5-10 anggota dalam satu kelompok untuk saling mengajar dan diajar.  selain itu mikro teaching ini dibimbing oleh dosen pengampuh yang mengarahkan agar tetap dalam kaidah yang benar.
disini mahasiswa mengajarkan / menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan, berdasarkan metode dan konsep dan cara-cara yang seharusnya.


thats all, thanks you

Minggu, 06 Maret 2011

penjaskesrek 10 komponen kebugaran jasmani

10 komponen kebugaran jasmani 
1. kekuatan
2. kelincahan
3. daya tahan
4. kelentukan
5. ketepatan
6. kecepatan reaksi
7. daya tahan cardiovaskular
8. koordinasi
9. daya tahan otot
10. daya ledak